Jumat, 01 Maret 2013

Profil dan History Dimebag Darrell

Nama asli : Darrell Lance Abbott
Nama beken : Dimebag Darrell
Tmpt/tgl. Lahir : Dallas-Texas, 20 Agustus 1966
Gaya permainan : Heavy “aggressive” thrash metal
Grup band : Pantera, Damage Plan, Rebel Meets Rebel
Gitaris favorit : Ace Frehley (KISS), Randy Rhoads, Eddie Van Halen
Pengaruh musical : ZZ Tops, Black Sabbath, Van Halen,  Texas country-blues
Gitar : Dean ML, Washburn Dime signature series, Dean Razorback (signature series)
Pickup : Bill Lawrence L-500-XL, Seymour Duncan ’59 & “Dimebucker” (signature series)
Efek : Furman PQ-4, MXR Blue six-band EQ, Lexicon Vortex, Korg tuner, MXR Flanger/Doubler, Rocktron Hush 2-B noise gate, Digitech Whammy pedal, MXR Dimedistortion & Dunlop “Dimebag Crybaby From Hell” (signature series)
Ampli : Randall Century 200 head & cabinet, Krank “Krankenstein” amp (signature series)
Teknik andalan : Pinch harmonic “Pig Squeals”, power chords, pentatonic licks, finger tapping, pick tapping, wild whammy bar tricks, screaming wah, whammy pedal effects dan alternate picking

    Darrell kecil dibesarkan dilingkungan musik Texas country-blues dimana sang ayah adalah musisi lokal pemilik studio rekaman Pantego Sound Studios. Saat itu sang ayah memberi pilihan hadiah ulang tahun untuk Darrell, sebuah sepeda BMX atau gitar.. Darrel memilih BMX sampai suatu saat dia mendengarkan Black Sabbath dan KISS, lalu dia menukar BMX-nya dengan sebuah gitar.
Pada umur 16 tahun, Darrell sudah dikenal sebagai gitaris yang dihormati dikancah klub-klub Texas. Umur 18 tahun Darrell malahan sampai di”banned” tidak boleh mengikuti kontes gitar karena selalu menang pada tiap kontes gitar lokal. Salah satu hadiahnya adalah gitar merk Dean yang selalu menjadi trademark seorang Dimebag Darrell. Seorang “power groover” telah lahir.

    Tahun 1990 dimana album pertama Pantera “Cowboy From Hell” dirilis, menjadikan Pantera dan Diamond “Dimebag” Darrell dikenal diseluruh penjuru negeri. Lagu-lagu Pantera dikenal sangat agresif dengan sound full distorsi dengan permainan gitar yang kadang meraung, melengking dan menggeram. Sejak itu Pantera menjadi salah satu band heavy metal yang paling memberikan influen untuk band-band metal lainnya. Gitaris yang pernah mendapat gelar dari majalah Guitar World sebagai “The World’s Most Dangerous Guitarist” ini tetap mengidolakan Ace Frehley gitaris KISS sebagai gitar heronya. Saking idolanya, Darrell mempunyai tattoo Ace Frehley pada dada kanannya.

    Tahun 1996 Washburn guitar mengajukan kontrak untuk meng-endorse Dimebag. Dime akhirnya menyetujui dengan syarat model gitarnya tetap seperti gitar lamanya Dean Lightning Bolt. Dalam perjalanan karirnya sebagai gitaris metal, Dime dianggap sebagai sosok “heavy trasher” yang dihormati oleh setiap gitaris. Tehnik permainan gitarnya yang sangar dan soundna yang gahar membuat beberapa produsen alat musik mengontrak Dimebag untuk meng-endorse atau membuat signature series dari alat-alat yang dia gunakan. Sebutlah sebuah nama Randall amplifier, pickup Seymour Duncan “Dimebucker”, strings DR “High Voltage”, MXR “Dime Distortion”, Dunlop “Dime Crybaby From Hell”, Krank “Krankenstein” amplifier dan pada masa-masa akhir karirnya Dean guitar kembali membuat signature series untuk sang legenda.

    Pada tahun 2000 Pantera merilis album terakhirnya sebelum dinyatakan bubar pada 2003. Dimebag bersama sang kakak Vinnie Paul (ex-drummer Pantera), membuat band baru dengan nama Damageplan. Mereka sempat merilis album pada Februari 2004, New Found Power. Seperti pada album Pantera sebelumnya, mereka masih mengusung sound yang “power groove” dengan sentuhan lebih fresh. Sampai pada 8 Desember 2004 saat Damageplan manggung disebuah klub Alrosa Villa Colombus-Ohio, seseorang bernama Nathan Gale menembakan senjatanya kearah Dimebag yang seketika membunuh sang gitaris ditempat. Orang tersebut membunuh 3 orang lainnya sebelum dia ditembak mati oleh polisi yang segera datang. 

   Tragedi ini sontak membuat dunia musik dan khususnya heavy metal sangat berduka. Sosok Dimebag Darrell, seorang gitaris yang sangat dekat dengan para fansnya telah berakhir hidupnya disaat konser dan akan meluncurkan album solonya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar